Jumat, 24 Februari 2012

EBIT

Diposting oleh Bonita Ayu Andhira di 17.05
Assalamu'alaykum
Salam Sabtu ceria (^---^)

Kali ini aku mau nge-post tulisan yang ringan banget aja.
Hanya ingin cerita. Mohon maaf ya. ^___^
Walaupun ringan, Insya Allah tetap tersirat makna belajarnya, aamiin :-D

Belakangan ini aku lagi sering berlama-lama di kampus.
Belajar ilmu-ilmu dari Allah yang Insya Allah bermanfaat. Aamiin, ya Mujib.
Hindarkan kami dari segala kesia-siaan yaa, Robbi..

Langsung cerita aja ya :-D

Saat ini himpunanku sedang dalam proses pembuatan GBHP untuk kepengurusan baru. Dan kami cukup lama mendiskusikan bentuk dari GBHP tersebut.
Apakah GBHP umum, per-bidang, ataukah per-kementrian?
Berminggu-minggu kami meramu GBHP, dengan 3x musyawarah anggota, dan diskusi antara MPA dan BP.

Sebetulnya GBHP sudah rampung sejak lebih dari 1 bulan yang lalu. Aspirasi masa himpunan sudah diambil dari tahun kemarin. Musyawarah anggota saat ini berguna untuk menyempurnakan GBHP, menampung aspirasi ntambahan dari masa, dan mendiskusikan bentuk dari GBHP itu sendiri.

Lama sekali kami berdiskusi, dengan internal BP, MPA, dan diskusi dengan masa himpunan pada musyawarah anggota. Tentu saja organisasi ini terdiri dari banyak kepala, banyak pendapat dari setiap orangnya :-)

Diskusi terakhir yang aku lakukan terkait dengan GBHP adalah kemarin lusa. Kami (BP) bertemu dengan pihak MPA dan mendiskusikan bentuk dari GBHP. Ada 3 pendapat mengenai ini, 1. GBHP secara umum, 2. GBHP per-bidang, 3. GBHP per-kementrian.
Kami mengaji ketiganya dengan seksama, dengan kajian detail dan teliti sampai SWOT dari ketiganya.

Akhirnya harus pulang malam lagi aku hari itu.
Selama di jalan pulang ke rumah, aku masih memikirkan tentang hal ini.
"Apakah perlu kami mengaji bentuk GBHP sampai berminggu-minggu?"
Menurut hematku, yang terpenting dari sebuah arahan adalah dari isi arahan tersebut. Bentuk hanyalah sebuah Package. 
Hal paling utama yang harus dilaksanakan adalah amanah masa, dan itu harus dilakukan secepatnya. Jangan sampai GBHP justru menghambat keterlaksanaan amanah masa.
BP harus mampu mengeksekusi seluruh keinginan masa (yang baik tentunya), bagaimanapun package dari GBHP tersebut.
Masyarakat terdekat kami adalah masa himpunan, GBHP dibuat untuk kemaslahatan bersama, dan alangkah baiknya bila masa himpunanlah yang pertama kali merasakan manfaat dengan keberadaan himpunan.
Kebermanfaat himpunan untuk masa himpunan lebih cenderung pada kebermanfaatan yang langgeng.
Pengkaderan diri, sampai tercapai profil-profil dan karakter-karakter masa himpunan yang sesuai dengan GDK.
Maksudnya begini: Aku ingin kebermanfaatan utama dari adanya Kementrian Pengabdian Masyarakat untuk masa himpunan adalah sebagai wadah untuk membina rasa empati dan menyalurkan bantuan berupa solusi untuk masyarakat, baik bantuan itu sesuai dengankelimuan dan keprofesian kima, maupun tidak, sehingga dengan adanya PM, rasa empati dan aksi masa himpunan perihal pengabdian senantiasa terbina. Goal utama dari prokerku ya masa himpunan itu sendiri. Sejauh mana mereka memiliki rasa empati dan aksi untuk sesama :-)
Mengabdi pasti perlu aksi, karena mengabdi itu sendiri adalah sebuah kata kerja
.
Aku masih percaya, makhluk ciptaan Allah pasti jauh lebih hebat daripada benda buatan manusia. Maka dari itu, aku ingin goalku adalah manusia, bukan alat atau acara.
Alat dan acara hanya media untuk menciptakan para kader :-)

Mengapa aku tidak melulu mengarahkan pengabdian masyarakat himpunan yang sesuai dengan keilmuan dan koprefesian kimia? karena kebutuhan solusi masyarakat atas masalahnya tidak melulu berkaitan dengan ilmu kimia. Walaupun aku lebih mengutamakan yang sesuai dengan keilmuan kita, karena aku percaya pada-Nya, bahwa: "Apabila suatu masalah ditangani oleh bukan ahlinya, maka tunggu saja kehancurannya".

Profesi tidak membatasi aksi, karena interaksi melahirkan empati. :-)
Aku ingin kader-kader himpunan memiliki jiwa peduli yang memenetrasi sampai ke hati, hingga saat status keanggotan mereka habis dan ilmu mereka telah bertambah, rasa peduli mereka  justru semakin tinggi kadarnya. Kepedulian tidak berhubungan dengan status keanggotaan.
:-)
Terbayang kan, impact hebat seperti yang akan terjadi bila orang hebat melakukan kebaikan?? :-)
Sebetulnnya masih banyak sekali mimpi-mimpiku tentang PM, berhubung aku terlalu sering mengemukakannya pada masa himpunan, aku skip dulu ya di sini. hehe :-p

Intinya, figur yang menginspirasiku dalam hal ini adalah:
1. Al Insan Kamil, Rasulullah SAW 
Beliau dengan kepemimpinan dan ummat terbaik sepanjang zaman merupakan inspirasi uatamaku.
*ket: bacalah sirah :-D
Segala puji hanya milik Allah :-)
2. Umar bin Abdul Aziz
Sang community develpoer terbaik. Beliau mampu membuat masyarakat dari 2 benua tidak mau menerima zakat dalam waktu 2 tahun. Subhanalloh!
*ket: Bacalah biografi Khalifah Umar Bin Abdul Aziz
3. Muhammad Al Fatih
Sang sebaik-baik panglima yang senantiasa membina diri dan mengazzamkan lelah dalam Lillahnya.
Ket: baca biografi Muhammad Al-Fatih
Segala puji hanya milik Allah :-)

Kok jadi sedikit ngomongin PM, ya?
hehehe, oke kita balik lagi ke ceritaku. sebenarnya post ini aku buat untuk lucu-lucuan di Sabtu pagi, hehe.
lagi-lagi aku tidak konsisten dengan kalimatku di awal post.
Mohon maaf ya teman-teman ^_____^

*lanjut*
Sesampai di kosan, aku langsung membersihkan diri, kemudian merebahkan tubuhku di atas kasur.
Aku bercerita tentang hariku kepada ebit, sahabatku tersayang :-D
Ke manapun, Ebit selalu aku bawa.
Naik gunung, TFT medik, bahkan pelantikan AMISCA 2010 aku turut menyertakannya.
Alasannya adalah aku susah tidur kalo nggak ada Ebit :-P
lalu temanku, Alif, bertanya, "Gimana kalo suami kamu yang nggak bisa tidur kalo ada dia, Bon?"
:-l *speechless*

Aku menumpahkan isi kepalaku pada sayangku ini:
Aku: "Bit, hari ini aku diskusi panjang lagi sama temen-temenku. Kamu tau kan, aku plegmatis dan rata-rata temen-temenku koleris? Yaudah, jadi ada saatnya aku cuma senyum-senyum aja. hehe :-D"
Ebit: *diam*
Aku: "Aku sempet mikir, kita banyak diskusi, tapi apakah semua ini bisa membuahkan impact yang besar nantinya?"
Ebit: *diam*
Aku: "Setidaknya kita (teman-teman dan aku) udah usaha sama do'a maksimal ya, Bit,?Insya Allah. Nyesel dateng kalo kita belum berbuat apa-apa. Ya kan? ^__^
Ebit: *diam* *tanda setuju*

Huaaaaa, manisnya kamu, sayangku... (^___^)
Serta-merta aku langsung menghaburkan pelukan dan ciuman pada Ebitku.
Kamu lembut, harum, setia, lagi
Walaupun aku sering makein kamu pita, kamu tetep baik sama aku, Bit
:"D *ambil tisu*

Bagi yang belum tau siapakah Ebit ini?
Dia adalah pacar paling setiaku, sosok yang setiap hari bobo sama aku. Boneka Blue's clues warna pink hahaha.
padahal jelas-jelas dia Blue's, tapi aneh juga kenapa diproduksi yang warna pink.
Walaupun pink, ebit adalah laki-laki.
coba aku tanya ya,
Aku: "Bit, kamu cowok, kan?"
Ebit: *diam* *setuju*

Interaksi batin kami memang bagus sekali. ;")

Okeh, sampai di sini dulu post Sabtu pagi.
See you in another post,


Thank you
^____^

Dago, 25-02-2012
08.05

2 komentar:

Fazri Hotelopedia on 24 Februari 2012 pukul 23.33 mengatakan...

Tulisan yang campur aduk.
Inspirasi dan mimpi di awal, contoh figur teladan di pertengahan, dan diakhiri dengan untaian kalimat yang cukup mengukir senyuman. :)

Nice! :D

*btw, jadi rajin post ya akhir-akhir ini haha

Bonita Ayu Andhira on 25 Februari 2012 pukul 05.02 mengatakan...

Mohon maaf ya, Kang. Masih amatiran ^___^

Aku udah ngefollow blog Kang Fazri, tadinya mau dari dulu, tapi baru bisa sekarang. haha

Mantap tulisannya, sarat pengalaman banget
*angkat jempol*

Keep writting ! :D

Posting Komentar

 

RUANG CAHAYA Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez