Minggu, 18 November 2012

Mengatasi Minyak dan Jerawat di Wajah

Diposting oleh Bonita Ayu Andhira di 04.22
Assalamu'alaykum warrahmatullah wabarakatuh..
Walaupun bukan seorang beauty consultant dan nggak bisa dandan sama sekali, Insya Allah saya akan berbagi pengalaman saya *yang bisa dibilang cukup berhasil hehe* dalam mengatasi minyak dan jerawat di wajah.

Minyak dan jerawat merupakan kakak-beradik yang hampir selalu berdampingan.
Berlebihnya minyak di wajah, menyebabkan kotoran lebih mudah menempel dan akhirnya menyumbat pori-pori. Dari sini lah awal mula lahirnya jerawat.

Jenis kulit manusia memang berbeda-beda. Namun bila dikelompokkan, bisa dibagi-bagi menjadi:
1. Kulit kering
2. Kulit Normal
3. Kulit yang kombinasi (berminyak pada area T wajah saja)
4. Kulit berminyak

Sip lah, mari kita langsung melompat ke jenis kulit nomer empat \(^___^)/
Saya merupakan manusia dengan kulit wajah yang berminyak.
Dan menyedihkannya, sampai tingkat pertama kuliah saya adalah orang yang sangat cuek dengan masalah kulit. Saya hanya menggunakan bedak tabur bayi setiap ke luar rumah.
Saya sangat jarang menggunakan pelembab wajah, karena saya kira, kulit berminyak saya akan menjadi semakin berminyak bila ditambah dengan pelembab. Saya hanya sering-sering mencuci muka untuk mengatasi problem wajah saya yang berminyak.
Ternyataaaaaaaaa......
Setelah saya memutuskan untuk 'tobat' dari bercuek-cuek ria dan berusaha menjadi wanita seutuhnya, saya menemukan fakta bahwa:

1. Semakin "kering" kulit wajah berminyak kita (maksudnya, tidak ada apapun yang melembabkannya) maka akan semakin banyak sebum (minyak) yang diproduksi
Catatan: Menggunakan pelembab adalah hal yang wajib, untuk mengurangi minyak, melembutkan kulit wajah, mencegah keriput berlebihan saat tua, dan melindungi kulit dari sengatan langsung sinar UV.
Tips: Pilih pelembab yang berbahan dasar air.

2. Cuci muka 2 kali sehari
2 kali sehari merupakan angka yang ideal untuk membersihkan kulit wajah menggunakan sabun.
Selebihnya, tentu saja minimal 5 kali sambil berwudhu, agar kulit wajah lebih bersih bercahaya. Semakin sering membersihkan wajah dengan sabun, kulit cenderung menghasilkan minyak yang lebih banyak
Catatan: Hindari pembersih yang mengandung alkohol. Karena alkohol akan membuat kulit menjadi sangat kering, dari sana lah saraf-saraf produsen minyak akan terangsang untuk memproduksi minyak dengan sangat banyak. Hasilnya, wajah akan menjadi semakin berminyak.
Tips: Bila menggunakan pembersih yang mengandung scrub, jangan gunakan pembersih tersebut setiap hari. Selingi dengan pembersih tanpa scrub. Scrub memang baik untuk mengangkat sel kulit mati, tapi penggunaannya setiap hari dapat merangsang produksi minyak berlebih dan menipiskan kulit.
Penting juga untuk mengganti merek sabun pembersih wajah kita. Sebaiknya 1 tahun sekali, atau lebih lama dari itu. Karena bila kita membersihkan wajah dengan formula yang itu-itu saja, bisa jadi bakteri-bakteri di wajah kita sudah resisten terhadap chemicals tersebut. tetapi jangan terlalu sering bergonta-ganti merek juga, karena dapat merusak wajah. Kulit juga butuh waktu untuk beradaptasi dengan zat-zat baru yang masuk ke dalamnya.

3. Gunakan sun block/ sun screen
Sun block berbeda dengan sun screen. Sun block betul-betul memantulkan seluruh gelombang cahaya yang mengenai wajah kita, sedangkan sun screen hanya memantulkan gelombang-gelombang tertentu, dan menyerap sisanya. Penggunaannya sesuai dengan kebutuhan.
Untuk kegiatan sehari-hari, saya lebih memilih sun screen, karena lebih ringan dan tentu saja sinar matahari tidak seluruhnya buruk. Ada gelombang-gelombang tertentu yang kita butuhkan untuk kulit wajah kita. Contohnya, kita sangat membutuhkan sinar UV untuk mengaktivasi vitamin K.
Sun block digunakan dalam event-event tertentu saja, seperti saat sedang berlibur ke pantai seharian.

Manakah yang lebih baik: Tabir surya dengan kandungan air di dalam minyak (water in oil), atau minyak di dalam air (oil in water)?
Secara kimia, yang lebih baik adalah tabir surya dengan kandungan air di dalam minyak.
Penjelasannya adalah sebagai berikut: Sinar matahari merupakan suatu gelombang yang polar dan air merupakan senyawa polar.
Senyawa-senyawa dengan jenis yang sama (polar-polar atau nonpolar-nonpolar) akan cenderung lebih suka berikatan.
Oleh karena itu, untuk menepis sinar matahari, lebih baik digunakan tabir surya air di dalam minyak (kandungan minyak lebih banyak). Minyak merupakan senyawa nonpolar, ia tidak suka berikatan dengan sinar matahari yang bersifat polar.
Yang saya cek dari merek-merek kosmetik, olay lah yang kandungannya water in oil.

Penggunaan tabir surya sangat penting untuk melindungi wajah, apalagi bila sedang berjerawat. Bila jerawat kita intens terkena paparan sinar matahari, maka probabilitas jerawat menjadi hitam dan membekas akan menjadi sangat besar.
Selain itu, tabir surya melindungi kulit dari sinar matahari yang membakar, lebih jauhnya melindungi dari kanker kulit.


4. Gunakan Bedak Tabur
Bedak tabur memiliki pori yang yang lebih besar daripada bedak padat sehingga bedak tabur memiliki daya serap terhadap minyak wajah yang lebih besar.
Boleh saja menggunakan bedak padat, tapi sebelumnya aplikasikan bedak tabur tipis-tipis secara merata di wajah.

5. Gunakan Masker Bengkuang
Bengkuang adalah buah yang mengandung zat kalsium karbonat dan air yang cukup banyak. Kalsium karbonat membantu menghilangkan bekas jerawat dengan ampuh, air dapat melembabkan dan menyegarkan wajah.
Dulu, saya rutin menggunakan masker bengkuang sebanyak 2 kali dalam seminggu.
Selingi dengan menggunakan masker tepung besar yang teksturnya halus, untuk mengangkat sel kulit mati dan menghaluskan wajah. Tepung beras betul-betul bikin halus dengan cepat :D

7. Hindari makanan berminyak dan pedas
Perawatan dari dalam tubuh sangat tidak kalah penting. Hindari makanan berminyak dan pedas.
makanan berminyak dapat memicu produksi minyak berlebih, makanan pedas merupakan pemicu jerawat yang andal.
Sebagai penikmat kuliner, poin ke 7 ini sangat berat buat saya. :D Saya masih membandel untuk urusan yang satu ini. Hehehe

8. Banyak Minum Air Putih
Minumlah air putih 3 liter perhari, agar tubuh bugar dan kulit menjadi sehat :D


Salah satu cara mensyukuri nikmat adalah dengan menjaga dan merawat nikmat tersebut.
Kebersihan adalah sebagian dari iman.


Mohon maaf bila terdapat unsur-unsur kesotoyan dalam tulisan ini
Wallahu'alam
:D


0 komentar:

Posting Komentar

 

RUANG CAHAYA Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez