Senin, 04 Juni 2012

PREGNANCY, QUESTIONS AND ANSWERS

Diposting oleh Bonita Ayu Andhira di 03.03
*Uhuk uhuk uhuk...*

Batuk-batuk kena debu blog.

Blog ini rasanya sudah ditinggalkan pemiliknya sejak zaman kerajaan Majapahit.
Artefak dan fosil bergelantungan dengan indahnya~

Assalamu'alaykum..
hehehehehe
(^____^)v

sebagai blogger badai-badaian (lebih dahsyat daripada angin-anginan), sudah hampir 2 bulan blog ini aku tinggalkan.
Sebetulnya bukan karena produktivitas menulisku yang berkurang, tapi modemku rusak. Jadilah kalau mau internetan harus ke warnet #kyaaa

Entahlah, aku juga tidak mengerti mengapa modem-modem tidak pernah suka denganku.
Banyak sekali installer modem di laptopku, karena sejauh ini aku sudah berganti modem 5 kali.
Dengan track record rata-rata 3 bulan sekali modem tidak terdeteksi. ~(~..~)~

Rasanya tanganku tidak ada paku payungnya, tapi mengapa daya rusaknya terhadap modem sangat dahsyat?

Berbicara tentang paku payung, baru saja pagi ini aku mengalami kejadian yang lovely dengannya.
Aku sudah siap berangkat ke kampus. Kamar dan penampilan sudah rapi (berdasarkan penilaian subjektif dan normatif. haha), tapi rasanya aku ingin menyapu lantai kamar sekali lagi.
Ke luar lah aku dengan jumawa. Mengambil sapu tanpa menggunakan alas kaki.
Dan... "kok aneh ya, bagian yang udah aku sapuin ternyata malah menjadi semakin kotor?"
Lantainya malah berubah menjadi merah..
Ternyata.. telapak kakiku tertusuk paku payung..

Sebagai orang Banten yang hanya numpang tinggal di Banten, aku langsung mencabut paku payung itu dari telapak kakiku.. Dan ternyata kakiku berlubang. Aku membiarkan saja kakiku, aku tidak mengambil pepsodent karena aku yakin pepsodent tidak mampu mengatasi kaki berlubang.

Berangkatlah aku ke kampus, langsung ke himpunan menemui sahabat-sahabatku. Aisyah, Dichie, Arie, dan Ck~
Aku pergi ke kampus untuk melakukan kegiatan yang sangat penting, yakni meyampaikan pada teman-teman bahwa aku tidak bisa ikut pergi ke Gunung Burangrang karena telapak kakiku tertusuk paku payung. Aku khawatir malah menyusahkan teman-temanku.

Sesampainya di himpunan....
Aku: "Teman-teman maaf telat ya (^__^) *cengar-cengir"
Aisyah: "Iyaa, nggak papa Boni"
Aku: "Kakiku kena paku payung tadi pagi, Ai"
Aisyah: "Loh, terus?"
Aku: "Jadinya maaf aku ga jadi ikut"
Aisyah: "Kenapa nggak sms aja bilangnya?"
Aku: *diam*

Ya, memang, aku tidak terpikir untuk mengatakan pada teman-temanku lewat sms. Karena aku ingin  memberitahukan hal ini, meminta maaf secara langsung, dan mengantar mereka dari kampus~
I'm so much sorry guys :D

Selanjutnya, dengan langkah terseok-seok aku berjalan menuju BEC untuk memperbaiki modemku. Yang ternyata aku lupa membawa... engggg.... enggg..... modemnya itu sendiri -____-
Padahal aku sudah mengantri hampir 1 jam~
Karena aku lupa membawa modem, akhirnya aku memutuskan untuk membeli modem baru~
*memory deleted*

PREGNANCY..
yaaakkk, inti cerita dari pos kali ini baru akan dimulai :D

Sehabis dari BEC aku mampir ke Gramedia. Definisi Gramedia menurutku adalah tempat hedon terriskan yang ada di atas permukaan tanah. Buang saja dompet Anda bila sedang berada di tempat ini.

Setiap bulan aku memang selalu mebeli buku. Dan sayang sekali jatah bukuku bulan ini sudah habis.
Aku sudah membeli buku tepat di awal bulan. Rawwwwrrrrrr..
Ya sudah, akhirnya aku memasuki Gramedia dengan niat hanya membaca buku di tempat.

Putar-putar, maju mundur, miring-miring..
Akhirnya aku menemukan buku yang menurutku menarik untuk dibaca, judulnya adalah:
"PRGENANCY, QUESTIONS AND ANSWERS"

Bukunya bagus, sampulnya menarik, dan buku itu memang International Best Seller.
Hal pertama yang aku lakukan terhadap buku Gramedia adalah membaliknya dan melihat barkot harganya. Engg.. Rp. 175.000,00.
Resmi sudah keputusanku untuk hanya menumpang baca di Gramedia.

Seperti biasa, kursi membaca di Gramedia selalu penuh. Untung saja aku masih mendapat 1 tempat di sana.
Walaupun penuhnya kursi gramedia adalah fenomena yang sangat biasa, ada hal istimewa yang terjadi di sana hari ini.
Seorang bapak membaca buku "Notes From Qatar 2" dengan bersuara. Sumpah ini beneran. Walaupun suaranya pelan, tapi tetap terdengar 'wishh wushh wish wushh' dari mulutnya, sehingga dari kejauhan bangku ini mungkin terlihat seperti tempat latihan yoga.

Orang yang membaca buku di sebelahku ternyata Mahasiswa STT Telkom. Karena Mas-Mas itu memakai baju berwarna biru, namanya diubah menjadi si biru di pos ini.
Si biru: "Lagi hamil, Mbak?"
Aku: "Enggak, Mas"
Si biru: "Kuliah di kebidanan?"
Aku: "Kimia, Mas"
Si biru: "Ooh. Lucu juga Mbak, tertariknya sama buku begituan, saya kira Mbak lagi hamil"
Aku: "Perut saya emang gendut Mas, tapi suer ini isinya lemak semua"

Kembali ke buku itu, yaa~

Jadi, menurut buku yang aku baca secara skimming, tahap kehamilan itu ada 3 trimester.
1. Trimester 1 (1-3 bulan/ 12 minggu pertama)
    Seorang Ibu yang ada pada tahap trimester pertama biasanya mengalami gejala sebagai berikut:
    a. Mual di pagi hari (bisa juga mual berkepanjangan di siang dan malam hari)
Secara hormonal, fenomena ini memang normal. Ibu akan mengalami morning sick setiap hari sampai kandungan mencapai minggu ke-13
    b. Mengidam 1 jenis makanan
Kejadian ini juga dipengaruhi oleh faktor hormon.
    c. Mengalami nyeri pada punggung dan dada
    d. Cepat letih
Hal ini terjadi karena tubuh ibu bekerja sangat keras, membuat palesnta dan tempat hidup yang nyaman untuk adik bayi di dalam perut.

Buku ini menarik, tidak hanya membahas sisi sains dan ilmiah mengenai fenemona suatu kehamilan, tetapi juga membahas masalah psikologis pada masa kehamilan. Buku ini bukan hanya untuk kaum Ibu saja lho, Ayah juga sangat perlu membaca buku ini. Selalu ada kolom khusus untuk Ayah di setiap halaman buku.

Seperti pada bab trimester 1, ibu yang sedang mengalami tahapi trimester 1, cenderung labil dan moody. Namun, Ayah justru sedang sangat bahagia dan sayang pada ibu. Kecenderungan ingin bersama-sama lebih besar berasal dari pihak ayah. Ibu yang merasa mual dan cepat lelah justru menginginkan banyak waktu istirahat. Komunikasi dan saling pengertian sangat penting dilakukan pada tahap ini.
hemm.. lucu dan sulit juga, ya. Ayah dan ibu memang dua-duanya harus sama-sama pintar, biar saling mengerti jadi lebih mudah. That's hormonal, Man.. :D #eeaa..
Porsiku di sini hanya menuliskan apa yang aku baca. maklum, belum pernah mengalami langsung~


2. Trimester 2 (4-6 bulan)
Pada fase ini, ibu mengalami kejadian-kejadian seperti ini:
a. Sudah tidak mual, karena tubuh ibu sudah beradaptasi lebih baik dengan keberadaan adik bayi di perutnya
b. Sesak nafas
Hal ini disebabkan karena rahim ibu semakin membesar sehingga oran tubuh ibu yang lain naik, dan menyebabkan sesak nafas.
c. Muncul garis hitam di bawaj pusar
d. Muncul stretch mark berwarna merah, karena kulit ibu mengalami peregangan
e. Lengan dan kaki ibu sudah mulai kendur karena faktor hormon
f. Sudah ada beberapa ibu yang mengalami kesemutan kaki

Secara psikologis, tahap trimester 2 juga tahap yang paling stabil. Kondisi psikologis ayah dan ibu juga mirip, sudah tidak terlalu kontras seperti tahap trimester pertama.

3. Trimester 3 (7-9 bulan)
Di trimester terakhir ini, ibu merasa:
a. Dada dan punggung seperti terbakar
b. Dada terasa sangat nyeri, dan ASI mulai merembes ke luar
(Tapi hal ini tidak selalu terjadi, tidak merembesnya ASI tetap menandakan bahwa ibu dan adik byi sehat)
c. Lengan dan kaki semakin kendur
d. Berat bada bertambah pesat.
Rata-rata pertambahan berat badan 11-13 kg. Namun, pertambahan berat badan sesuai dengan berat badan ibu sebelum hamil. Di buku ini juga dijelaskan cara menghitung berat badan dan kenaikan berat badan ideal untuk berat badan ibu.
Ditambah pula info-info makanan sehat, latihan, dan suplemen yang baik buat ibu di tiap tahap trimester.
e. Gangguan Pencernaan
f. Konstipasi hebat

Secara psikologis, pada tahap ini ibu merasa sangat butuh kasih sayang dan cemas akan kelahiran bayinya. Tetapi, ayah cenderung tidak suka melihat tubuh ibu yang gendut dan kendur karena faktor hormon. Sering kali cekcok terjadi pada tahap ini.
Hahahaha..
Selain itu, ibu juga banyak sekali tidur di tahap ini. Tentu saja, hal ini disebabkan karena tubuh ibu lelah. Adik bayi tumbuh sangat pesat pada tahap ini. Tubuhnya membesar, rahim ibu pun menjadi sangat besar, organ-organ tubuh ibu yang lain semakin naik.
Hal yang paling manis dan aku ingat di bab ini adalah: Saat tubuh adik bayi berkembang pesat, ruang rahim menjadi sempit untuknya. Tapi bayi tetap berusaha menendang perut ibu untuk memberitahu bahwa ia baik-baik saja. *mata leci*
So sweet sekali~ :3

Duh, lumayan panjang dan ngalor-ngidul (seperti biasa) juga ya, posku kali ini.
Yasudah, bye..
Semoga tulisan tanpa pengalaman ini bermanfaat. Yah, setidaknya agar blog ini tidak berhantu karena terlalu lama dikosongkan

Have a nice Monday !! :D

Wassalamu'alaykum

Dago,04 Juni 2012

16.58











4 komentar:

Fazri Hotelopedia on 10 Juni 2012 pukul 05.31 mengatakan...

Hahaha suka banget sama postingan yang ini.
Menghibur tapi tetap ada (bahkan banyak) ilmu yang tersampaikan.

Btw, cukup ngenes juga yaa. Udah antre lama tapi modem tak terbawa.
Meski hikmah itu pasti tetap ada pada setiap peristiwa.

Semangat menulis, semangat berbagi! :)
*menyemangati diri sendiri*

Bonita Ayu Andhira on 12 Juni 2012 pukul 00.30 mengatakan...

hadoooh, malu juga postingan abal-abal dikomen sama penulis andal. hehe
Hatu nuhun, Kang
^___^

Fazri Hotelopedia on 12 Juni 2012 pukul 10.05 mengatakan...

Perasaan blog kamu lebih rame deh akhir-akhir ini. *sedih liat blog aku yang sepi, dan lebih sedih belum sempat update lagi* hehe

Waah didoakan jadi penulis andal, semoga bisa menjadi seperti apa yang didoakan dan yang mendoakan juga Allah kabulkan seperti apa yang kamu doakan :)


Tapi emang keren, dan kalo bisa nti buat postingan yang berbau atau bernuansa Ramadhan. Sudah semakin dekat, alangkah baik jika ingatkan dan saling ingatkan agar segera bersiap semarakkan Ramadhan.

Oia, sipp. Sama-sama :)

Bonita Ayu Andhira on 16 Juni 2012 pukul 07.31 mengatakan...

Wah, ide bagus tuh, Kang. Insya Allah segera direalisasikan. Hatur nuhun. Salam buat kota Cilegon. hehehe

Posting Komentar

 

RUANG CAHAYA Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez