Minggu, 02 Juni 2013

TUJUH TAHAPAN DA'WAH FARDIYAH

Diposting oleh Bonita Ayu Andhira di 00.39

7 TAHAPAN DAKWAH FARDHIYAH

Dari buku “7 Tahapan Dakwah Fardiyah” karya Mustafa Masyhur

Bismillahirrahmanirrahiim…

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri?” (QS. Al-Fushshilat : 33).

“Sungguh sekiranya Allah memberikan hidayah kepada seseorang lantaran dakwahmu, itu lebih baik daripada terbitnya matahari” (Ada pun yang menyebutkan lebih baik dari dunia dan seisinya atau pun unta merah) (Al-Hadits). 

Berikut ini adalah 7 tahap dakwah fardiyah yang disusun oleh Mustafa Masyhur:
1. Membangun hubungan baik dengan objek dakwah
Di sekitar Arsy ada menara-menara dari cahaya, di dalamnya ada orang-orang yang pakaiannya dari cahaya dan wajah mereka bercahaya. Mereka bukan para nabi dan syuhada. Tetapi para nabi dan syuhada iri pada mereka. Ketika ditanya para sahabat, Rasulullah SAW menjawab “Mereka adalah orang-orang yang saling mencintai karena Allah, saling bersahabat karena Allah dan saling kunjung karena Allah” (HR. Tirmidzi)

2. Membangkitkan iman yang mengendap dalam jiwa
Setiap orang diberi fitrah oleh Allah untuk mencari kebenaran, eksistensi Tuhan, dan Islam dalam dirinya.   Tugas seorang da’i adalah memberi keteladanan dan membantu membangkitkan iman yang mengendap di dalam jiwanya.
“(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” (Ali Imran : 191)

Setelah itu bagaimana upaya kita mengarahkan keimanan mereka ke jalan yang insya Allah menuju keselamatan dunia & akhirat. Makanya kita pun harus memiliki pemahaman yang benar soal keimanan ini (salimul aqidah atau aqidah yang lurus).

3. Membantu memperbaiki keadaan dirinya dengan mengenalkan perkara-perkara yang bernuansa ketaatan kepada Allah dan bentuk2 ibadah yang diwajibkan
Dengan memberikan pemahaman bahwa beriman itu belum cukup jika tidak beramal dan beramal itu akan cacat jika tidak berilmu, jadi kita bantu mereka untuk memperoleh ilmu yang benar mengenai aqidah, ibadah, akhlak dsb.

Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Mujaadilah : 11)

4.  Menjelaskan tentang pengertian ibadah secara syamil (menyeluruh)
Mencakup segala aspek kehidupan dengan al ikhlash was shawab atau niat yang lurus karena Allah serta mengikuti tuntutan rasulullah. Niat seperti yang tertuang dalam Hadits Arba’in yang pertama tulisan Imam Nawawi,
Dari Amirul Mukminin Abu Hafsi ‘Umar Ibn Khatab r.a katanya ; Aku mendengar Rasulullah saw berkata : “Hanya segala amal dengan niat dan hanya bagi tiap-tiap seorang apa yang dia niatkan. Maka barang siapa hijrahnya kerana Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasulnya.Dan barangsiapa hijrahnya bagi dunia yang dia akan memperolehinya atau perempuan yang dia ingin mengahwininya, maka hijrahnya kepada apa yang dikehendakinya.

5. Menjelaskan bahwa keberagamaan kita tidak cukup hanya dengan keislaman kita sendiri. Ibaratnya surga itu terlalu luas untuk kita sendirian. Jadi, kita perlu menyeru orang untuk menyeru atau memushlihkan orang lain. Namun, jangan sampai kita hanya menjadi calo-calo kebaikan yang hanya memberikan tiket tanpa benar-benar ingin pergi ke tujuan itu sendiri. Kembali ke awal, ikhlash, lillahi ta’ala. Selain itu Rasulullah saw bersabda, “Barang siapa yang tidak memperhatikan urusan kaum muslimin, maka ia bukan dari golongan mereka”.

6.  Kewajiban tegaknya kekhalifahan tak mungkin ditunaikan secara individu, tetapi harus dilakukan dengan berjama’ah.
Sesuai kaidah syariah : “Suatu kewajiban tidak dapat sempurna kecuali dengan sesuatu, maka sesuatu  itu menjadi wajib pula.”

7.       Menjelaskan jama’ah-jama’ah islam yang layak dijadikan tempat berjuang untuk menegakkan islam.
Memilih jamaah berarti memilih jalan terbaik yang benar-benar menuju keselamatan. Hal ini terkait amal Islami yaitu prinsip dan asasi. Jalan terbaik ialah jalan yang mengikuti tuntunan Rasulullah saw dalam menegakkan daulah Islamiyah. Hal pertama yang harus ditegakkan untuk mencapainya adalah aqidahwihdah (persatuan), baru kekuatan tenaga dan senjata. Aqidah itu sendiri  dibangun melalui proses tarbiyyah. Barang siapa tidak melaluinya dalam mempresatukan ummat, akan membahayakan amal Islami. Hal ini menunjukkan bahwa pembangunan itu dimulai dari bawah, mengokohkan pondasi. Dasar itulah yang akan dapat mendirikan sebuah negara Islam dan khilafah Islamiyah. Selain itu, jamaah yang perlu diikuti adalah yang sudah tertanzhim (terorganisasi) dengan baik dengan program yang teratur dan terencana sehingga mudah dijalankan.

Waallahu a’lam bishshawab…

1 komentar:

shanti on 30 November 2018 pukul 03.22 mengatakan...

Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

Posting Komentar

 

RUANG CAHAYA Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez